Sejarah Domain Dunia yang Harus Kamu Tahu

Kamu sering menggunakan website sebagai sumber informasi dan referensi? Tentunya tidak asing lagi dengan istilah domain dan hosting kan? Belum lagi langkah atau cara beli domain murah tanpa buat kantong kering. Namun, sudah tahukah kamu tentang sejarah domain dunia? Agar makin kaya ilmu tentang perkembangan domain di dunia, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah DomainAwal Kemunculan Domain di Dunia (1985)

Secara teknis, domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server komputernya, seperti web server. Fungsi domain digunakan untuk mempermudah pengguna internet dalam melakukan akses ke server. Domain juga digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus menghafal deretan angka yang juga disebut dengan alamat IP.

Kemunculan domain pertama diketahui pada 15 Maret 1985. Namanya symbolics.com yang digunakan oleh perusahaan komputer, Symbolics Inc dari Massachusetts, Amerika Serikat. Symbolics Inc merupakan perusahaan pertama di dunia yang mendaftarkan nama domainnya. Sayangnya, kini pemilik domain tersebut telah berganti setelah diambil alih pada akhir 2009 lalu.

Penetapan Tarif untuk Pendaftaran Domain (1995)

Seiring perkembangan teknologi, banyak orang berniat untuk membuat nama domain sendiri. Sebelum tahun 1995, sebagian besar ramai-ramai mendaftarkan domain secara gratis. Hingga tahun 1995, National Science Foundation menetapkan tarif untuk setiap pendaftaran domain. Saat itu, untuk beli domain murah harus menyiapkan uang sekitar US$100 dan domain akan aktif selama dua tahun.

Munculnya Istilah Domain Name System (1998)

Sudah kenal dengan istilah DNS atau Domain Name System? Proposal privatisasi domain ini dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan dari Amerika Serikat tahun 1998. Fungsinya tidak lain untuk meningkatkan kompetisi pasar.  Namun, keputusan tersebut diprotes oleh para aktivis internet. Hingga akhirnya muncul ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names and Numbers yang berfungsi untuk mengarahkan pengelolaan dan prosedur akses internet, menjamin kestabilan serta keamanan operasi jaringan.

Lahirnya UU Perlindungan Nama Domain (2003)

Permasalahan dalam dunia internet tidaklah sedikit. Sekitar tahun 2000-an, domain penipu bermunculan di Amerika Serikat. Nama domain tersebut mengarahkan pengunjung ke situs porno. Banyaknya penipuan nama domain murah tersebut menjadi awal kemunculan undang-undang perlindungan nama domain. Perilisan undang-undang tersebut juga mengatur hukum pembuat domain tipuan.

Peningkatan Drastis Pengguna Domain (2017)

Penggunaan domain kini tidak hanya untuk pribadi. Banyak pengguna yang mulai melek teknologi dan memakai domain untuk mengembangkan bisnisnya. Peningkatan penggunaan tersebut juga terlihat dari jumlah user yang beli domain murah. Sejak tahun 2017 lalu, pengguna makin meningkatkan hingga mencapai angka fantastis. Setidaknya lebih dari 359,8 juta nama domain yang sudah terdaftar. Angka tersebut juga terus meningkat setiap harinya.

Cara Beli Domain Murah

Kemudahan dalam memiliki domain juga bisa kamu rasakan. Kamu bisa melakukan pembelian lewat Dewaweb. Caranya sangat mudah dengan mendaftar dan membuat akun di Dewaweb.com. Setelah memiliki akun, kamu bisa membeli domain yang diinginkan. Kamu juga bisa memiliki beberapa nama domain. Selain domain, Dewaweb juga menyediakan hosting untuk dibeli. Ada pula pilihan paket dengan harga menggiurkan. Proses untuk pendaftaran domain sangat mudah. Begitu pula untuk pembelian hosting murah. Untuk paket hemat, sebaiknya pilih paket yang disediakan oleh Dewaweb. Selain proses pemesanan yang mudah, cara bayar juga tidak sulit. Tinggal klik sudah bisa mendapatkan nama domain sesuai yang diinginkan.

  • Leave a Comment